Khilafah

Universitas Terbaik : Melihat Slogan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jadi Optimis

  Universitas Terbaik   January 26, 2012

Sebenarnya sering mendengar juga slogannya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta waktu awal-awal kuliah. Tapi baru menghayati pada saat diadakan acara sarasehan akhir semester tiga prodi agroteknologi  fakultas pertanian universitas Muhammadiyah Yogyakarta.  Slogan  yang sederhana tapi memiliki makna yang luar biasa didalamnya, Unggul dan Islami  inilah slogan yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Sejenak membayangkan output yang dihasilkan universitas Muhammadiyah nantinya adalah mahasiswa-mahasiswa yang memiliki keunggulan dibidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  sekaligus memiliki nilai spiritual tinggi. Sedikit ada secerca harapan dan  rasa optimis dengan slogan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang insya Allah akan berusaha mencetak para intelektual yang cerdas dan ilmu keagamannya tinggi pula. Apalagi ada fasilitas untuk pembinaan bagi para mahasiswa di bidang keislaman baik itu OSDI (Orietasi Studi Dasar Islam) , PAI (Pendampingan Agama Islam) , BA (Baitul Arkom) dan masih banyak lagi acara-acara kajian islam yang diadakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berusaha membentuk syaksiyah islamiyah (kepribadian islam) bagi para mahasiswanya.
Slogan unggul dan islami tentunya tidak lepas dari visi misi yang ingin dicapai oleh universitas ini.    Berikut visi dan Misi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta :
Visi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Menjadi universitas yang unggul dalam pengembangan ilmu dan teknologi dengan berlandaskan nilai-nilai islam untuk kemaslahatan umat
Misi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
1.    Meningkatkan harkat manusia dalam upaya meneguhkan nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban;
2.    Berperan sebagai pusat pengembangan Muhammadiyah;
3.    Mendukung pengembangan Yogyakarta sebagai wilayah yang menghargai keragaman budaya;
4.    Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat secara profesional
5.    Mengembangkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan dan berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi
Sebagai salah satu universitas islam di Indonesia sekaligus menjadi universitas swasta terbaik di Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta senantiasa harus terus berusaha meningkatkan prestasinya. Baik prestasi dosen, mahasiswa, dan civitas akademika yang lainnya. Universitas Muhammadiyah yogyakarta harus tetap terus bergerak menjadi  untuk menjadi universitas terbaik di Indonesia atau pun dikancah internasional.
Jika kita melihat sejarah Kejayaan pendidikan Islam pada masa Khilafah Islam telah ditorehkan dengan tinta emas dalam sejarah. Sejarahwan Barat, Jacques C. Reister, mengakui secara obyektif bahwa selama lima ratus tahun Islam telah menguasai dunia dengan kekuatannya, ilmu pengetahuan dan peradabannya yang tinggi. Menurut Montgomery Watt dalam bukunya, The Influence of Islam on Medieval Europe (1994), peradaban Eropa tidak dibangun oleh proses regenerasi mereka sendiri. Tanpa dukungan peradaban Islam yang menjadi motornya, kondisi Barat tidak akan ada artinya.
Kejayaan pendidikan pada masa Khilafah tidak hanya menghasilkan cendekiawan di bidang agama namun juga cendekiawan di bidang sains. Di antaranya adalah Ibnu Sina yang dikenal di kalangan ilmuwan Barat sebagai Avicenna. Karyanya yang sangat terkenal, Al-Qanun fi ath-Thibb, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris The Canon of Medicine, merupakan rujukan di bidang kedokteran dunia selama berabad-abad.
Kemudian al-Biruni, yang oleh saintis Barat, George Sarton (Introduction to the History of Science, 1927), dikategorikan sebagai ilmuwan terhebat sepanjang zaman. Ilmuwan Muslim lainnya adalah al-Khawarizmi yang terkenal dengan kitab monumentalnya, Al-Maqalah fi Hisab al-Jabr wa al-Muqabilah, yang versi terjemahan bahasa Inggrisnya adalah The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing.
Harapanya semoga slogan unggul dan Islami menjadikan Universitas Muhammadiyah menghasilkan para ilmuan seperti masa kejaan islam. Para ilmuan yang memiliki kemampuan polymath artinya banyak menguasai ilmu pengetahuan baik Al-Qur’an, Hadist, IPTEK, sains, Ahli agronomi, Ahli geografis dan lain sebagainya. Menjadikan setiap mahasiswanya memiliki kepribadian islam, unggul dalam IPTEK dan berusaha kembali mewujudkan kehidupan islam.
Universitas Terbaik Periode 2011-2012 versi  Webmetric
1.    Universitas Indonesia
2.    Institut teknologi Bandung
3.    Universitas Gadjah Mada
4.    Universitas Gunadarma
5.    Universitas Pertanian Bogor
6.    Universitas Negeri Malang
7.    Universitas  Christian Petra
8.    Universitas Muhammadiyah Malang
9.    Institut Teknologi Sepuluh Nopember
10.  Universitas Diponegoro
11.   Universitas Andalas
12.   Universitas Sebelas Maret
13.  Universitas Airlangga
14.   Universitas Sriwijaya
15.    Universitas Brawijaya
16.    Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
17.    Universitas Islam Indonesia
18.    Universitas Muhammadiyah Surakarta
19.    Universitas Sumatera Utara
20.    Universitas Mercu Buana
21.    Indonesia University of Education *
22.    Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya
23.    Universitas Padjadjaran
24.    Yogyakarta State University
25.    Universitas Lampung
26.    Informatics and Computer College Stmik Amikom
27.    Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
28.    Universitas Negeri Semarang
29.    Universitas Tarumanagara
30.    universitas Bina Nusantara
Refrensi : anonim. 2011. Pendidikan islam bermutu dan melahirkan manusia unggul. http://hizbut-tahrir.or.id/2011/06/05/pendidikan-islam-bermutu-dan-melahirkan-manusia-unggul/#comment-79084. Akses tanggal 24 januari 2012.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE