PENGERTIAN BELAJAR

  Pendidikan Umum   2 November 2012

Pengertian Belajar

Menurut pengertian secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang banyak sekali baik sifat maupun jenisnya, karena itu sudah tentu tidak setiap perubahan dalam diri seseorang merupakan perubahan dalam arti belajar.

Ciri- ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar

  1. Perubahan terjadi secara sadar

Berarti bahwa seseorang yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan atau sekurang- kurangnya ia merasakan telah terjadi adanya suatu perubahan dalam dirinya. Misalnya ia menyadari bahwa pengetahuannya bertambah, kecapakannya bertambah, dll.

  1. Perubahan dalam belajar bersifat kontinu dan fungsional

Sebagai hasil belajar, perubahan yang terjadi dalam diri seseorang berlangsung secara berkesinambungan, tidak statis. Satu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan ataupun proses berikutnya.

  1. Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah

Perubahan tingkah laku itu terjadi karena ada tujuan yang akan dicapai.

 

Jenis- Jenis belajar

  1. Belajar bagian (part learning, fractioned learning)

Umumnya belajar bagian dilakukan oleh seseorang bila ia dihadapkan pada materi belajar yang bersifat luas atau ekstensif.

  1. Belajar diskriminatif (diskriminatif learning)

Belajar diskriminatif diartikan sebagai suatu usaha untuk memilih beberapa sifat situasi/ stimulus dan kemudian menjadikannya sebagai pedoman dalam bertingkah laku.

  1. Belajar incidental (incidental learning)

Maksud dari belajar incidental yaitu pada individu tidak ada sama sekali kehendak untuk belajar. Belajar incidental bila tidak ada instruksi atau petunjuk yang diberikan pada individu mengenai materi belajar yang akn diujikan kelak.

  1. Belajar instrumental (instrumental learning)

Pada belajar instrumental, reaksi- reaksi  seseorang siswa yang diperlihatkan diikuti oleh tanda- tanda yang mengarah pada apakah siswa tersebut akan mendapat hadiah, hukuman, berhasil atau gagal. Oleh karena itu cepat atau lambatnya seseorang belajar dapat diatur dengan jalan memberikan penguat atas dasar tingkat- tingkat kebutuhan.

  1. Belajar mental (mental learning)

Kemungkinan perubahan tingkah laku yang terjadi tidak nyata terlihat, melainkan hanya berupa perubahan proses kognitif karena ada bahan yang dipelajari.

  1. Belajar verbal (verbal learning)

Belajar verbal adalah belajar mengenai materi verbal dengan melalu latihan dan ingatan.

 

Judul buku Belajar dan Faktor- Faktor yang mempengaruhinya.

Penulis : Slameto,

Tags:
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE