Tipe Komunikasi

  Komunikasi   15 November 2012

Tipe Komkunikasi

 

 

Tipe komunikasi dibagi menjadi empat yaitu
a.    Komunikasi dengan diri sendiri  (intarpersonal communication)
Komunikasi dengan diri sendiri adalah proses komunikasi yang terjadi di dalam diri individu, atau dengan kata lainproses berkomunikasi dengan diri sendiri.
Terjadinya bproses komunikasi di sini karena adanay seseorang yang memberi arti terhadap sesuatu objek yang diamatinya atau terbetik dalam pikirannya. Objek yang diamati mengalami proses perkembangan dalam pikirana manusia setelah mendapat rangsanagn dari pancra indra yang dimilikinya. Hasil kerja dari proses pikiran tadi setelah dievaluasi pada gilirannya akan memberikan pengaruh pada pengetahuan, sikap dan perilaku seseorang.
Dalam proses pengambilan keputusan, sering kali seseorang dihadapkan pada pilihan Ya atau Tidak. Keadaan semacam ini membawa seseorang pada situasi berkomunikasi dengan diri sendiri, terutama dalam mempertimbangkan untung ruginya suatu keputusan yang akan diambil. Cara ini hanya bisa dilakukan dengan metode komunikasi intrapersonal.
b.    Komunikasi antarpribadi ( interpersonal communication)
Komunikai antar pribadi adalah proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka, seperti yang dinyatakan R. Wayne Pace (1979) bahwa interpersonal communication is communication involving two or more people in face to face setting. Menurut sifatnya komunikasi anatar pribadi dibedakan menjadi dua yaitu Komunikasi diadik dan komunikasi kelompok kecil. Komunikasi diadik adalah proses komunikasi yang berlangsung nara dua orang dalam situasi tatap muka. Komunikas kelompk kecil adalah proses komunikasi yang berlangsung antara tiga orang atau lebih secar tatap muka, di mana anggota- anggotanya saling berinteraksi satu sama lainnya.
c.    Komunikasi public
Komunikasi public menunjukkkan bahwa suatu proses komunikasi dimana pesan- pesan yang disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka di depan khalayak yang lebih besar.
d.    Komunikasi massa (mass communication)
Komunikasi massa sebagai proses komunikasi yang berlangsung di mata pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya missal melalui alat- alat yang bersifat mekanis seperti radio, televisi, surat kabar dan film.

.
Buku : Pengantar Ilmu Komunikasi
Penulis : Dr. H. Hafied Cangara, M. Sc.

Tinggalkan Balasan